Presiden BEM UPGRIS Peduli Desa

Presiden BEM UPGRIS Peduli Desa

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) tahun akademik 2020/2021 baru-baru ini gelar salah satu program kerja. Agenda yang disusun selalu berlandaskan pada  Tri Dharma perguruan Tinggi salah satunya pengabdian kepada masyarakat. Salah satu program kerja tersebut yakni Mahasiswa Peduli Keadaan Desa (Malika). Pada tahun ini Malika dilaksanakan di Dusun Ngipek, Desa Jragung, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak. Bentuk kegiatanya pembangunan mushola makam dan pembelajaran kepada anak-anak. Hal itu dipilih karena tema dari Malika pembangunan infrastruktur desa berkelanjutan. Desa Jragung sebelumnya telah menjadi mitra BEM UPGRIS.

Presiden BEM UPGRIS, M Rizki Arfanda menyampaikan jika pengurus BEM sejak awal sudah komitmen untuk selalu membantu masyarakat dalam kondisi apapun. “Kami sejak awal dilantik oleh Rektor UPGRIS menjadi pengurus BEM selalu diingatkan agar tetap peduli serta peka terhadap kondisi masyarakat. Saat ini banyak masyarakat yang membutuhkan kehadiran mahasiswa untuk membantu pembangunan di desa. Pembanguan sumber daya manusia serta fasilitas umum. Semoga kehadiran kami di Jragung Demak mampu meningkatkan semangat untuk menjadi manusia merdeka,” tutur Rizki.

Kegiatan Malika 2021 diharapkan dapat membantu pengembangan pembangunan dan pendidikan Desa Jragung. Kegiatan ini tentu tidak dapat dilaksanakan dengan baik tanpa adanya bantuan dari pihak Universitas PGRI Semarang, masyarakat Jragung, serta seluruh pengurus BEM UPGRIS.

Dalam pembukaan Malika 2021 sekretaris desa Jragung Bagus Adi Kuncoro SS mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan dan kepercayaannya kepada UPGRIS telah memilih desa kami sebagai Desa Mitra. “Mahasiswa UPGRIS sangat peduli dengan kondisi masyarakat saat ini. Semoga pembangunan musola makam dapat memberikan kenyamanan masyarakat. Tidak hanya itu, anak-anak di sini juga diberi pendidikan tambahan di sore hari. Apa yang sudah dilakukan mahsiswa UPGRIS dapat memberi motivasi bagi perguruan tinggi lain di kota Semarang atau Jawa Tengah,”imbuh bagus.

Selain itu, salah satu warga yakni Bambang Setiono SPd kepala Dusun Ngipek desa Jragung mengungkapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada BEM UPGRIS. “para mahasiswa telah membantu kemajuan desa Jragung khususnya dusun Ngipek untuk mewujudkan cita-cita dusun Ngipek dalam membangun Musola Makam.

Di akhir masa tugas presiden BEM Rizki ingin meberikan kegiatan yang positif serta bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Semoga hal ini terus dilanjutkan pada masa presiden BEM dan pengurus berikutnya.