Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK)

Kepala UPT TIK        : Aris Tri Jaka Harjanta, M.Kom

Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) memberikan pelayanan dan fasilitas civitas akademika antara lain berfungsi melakukan pengolahan sistem komputerisasi Universitas PGRI Semarang.

VISI

Mewujudkan Universitas PGRI Semarang sebagai perguruan tinggi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang profesional, unggul dan berjati diri.

MISI 

  1. Mengembangkan TIK untuk mendukung Universitas PGRI Semarang dalam kegiatan akademis sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogis, kepribadian, profesional dan sosial.
  2. Mengembangkan TIK untuk meningkatkan kinerja Universitas PGRI Semarang dalam fungsi manajemen pengelolaan dan pelayanan civitas akademika bidang keuangan, kemahasiswaan, kerjasama, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  3. Mengembangkan TIK untuk mendukung kemajuan organisasi profesi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

KEDUDUKAN

  1. Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT PTIK) dipimpin oleh seorang Kepala,  yang bertanggung jawab kepada Rektor dan berada di bawah Wakil Rektor IV.
  2. Dalam pelaksanaan tugas, Kepala dibantu oleh seorang Sekretaris.
  3. Sekretaris bertanggung jawab kepada Kepala.

Rincian tugas umum UPT TIK :

  1. Menyusun rencana kegiatan UPT TIK ;
  2. Melakukan perencanaan standar peralatan TIK, pengoperasian, pendayagunaan, dan pemeliharaan jaringan komputer dilingkungan Institut;
  3. Mengelola dan menjamin kelancaran akses informasi dan komunikasi ke jaringan lokal Institut dan jaringan  global bagi semua pengguna;
  4. Sosialisasi layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi kepada pengguna dan calon pengguna di lingkungan Institut;
  5. Melakukan koordinasi dan memberikan konsultasi teknis jaringan secara berkala kepada para pihak di lingkungan Institut
  6. Melaksanakan pengelolaan layanan Sistem Informasi yang antisipatif terhadap kebutuhan Institut
  7. Membuat laporan secara periodik kepada pimpinan Institut

Rincian tugas Sekretaris :

  1. Menyusun rencana kegiatan UPT TIK
  2. Mewakili tugas Kepala Badan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
  3. Melaksanakan urusan keuangan
  4. Melakukan tatalaksana dan kepegawaian
  5. Melaksanakan urusan rumah tangga
  6. Melaksanakan administrasi layanan UPT TIK
  7. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan UPT TIK

Rincian Tugas Divisi Layanan Jaringan Komputer dan Perangkat Keras:

  1. Menyusun rencana kegiatan di lingkungan divisi Layanan Jaringan Komputer dan Perangkat Keras
  2. Penataan/pemetaan (topologi) jaringan lokal dan internet
  3. Manajemen cabling dan switching jaringan lokal dan internet
  4. Pengaturan  routing, bandwidth management, dan firewall
  5. Memberikan pelayanan kebutuhan pemakaian dan peminjaman Laboraturium Komputer 1 dan 2 serta akses internet jika dibutuhkan untuk kegiatan akademis, pelatihan, penelitian, pengabdian masyarakat dan kemahasiswaan
  6. Merawat dan memperbaiki kerusakan dan menindaklanjuti setiap laporan kerusakan perangkat keras TIK termasuk LCD Projector dalam kelas di lingkungan Universitas PGRI Semarang
  7. Membimbing praktikan kerja lapangan siswa SMK yang melakukan magang kerja di UPT TIK
  8. Mengadakan pelatihan tentang Jaringan Komputer dan Perangkat Keras
  9. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan di lingkungan seksi Layanan Jaringan Komputer
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan

Rincian Tugas Divisi Layanan Sistem Informasi dan Karya Ilmiah:

  1. Menyusun rencana kegiatan di lingkungan Divisi Layanan Sistem Informasi
  2. Pengembangan Sistem Informasi Akademik sebagai layanan penunjang kegiatan akademik
  3. Merancang dan membangun Sistem Informasi lainnya (non akademis) di lingkungan Universitas PGRI Semarang
  4. Layanan dan perawatan domain web (www.upgris.ac.id) termasuk penyediaan subdomain untuk pengembangannya
  5. Sistem pencadangan data (backup system)
  6. Mengembangkan media pembelajaran online (e-learning)
  7. Mengembangan, mengelola dan sosialisasi web-mail
  8. Mengembangkan media jurnal online (e-jurnal), prosiding online (eprosiding) dan repository (e-prints); evaluasi online untuk dosen (LPM)
  9. Melaksanakan pelatihan operasional sistem informasi di lingkungan Universitas PGRI Semarang
  10. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan dilingkungan divisi sistem informasi