UPT Perpustakaan UPGRIS Luncurkan “Pojok Pariwisata”

UPT Perpustakaan UPGRIS Luncurkan “Pojok Pariwisata”

Berkembangnya dunia digital membuat segala macam informasi bisa terjangkau dengan cepat. Potensi-potensi yang ada di wilayah daerah, baik itu wisata, kuliner, hingga informasi penting lainnya bisa dengan cepat menyebar dan diketahui publik lewat bantuan media sosial. Merespons hal ini, UPT Perpustakaan Universitas PGRI Semarang membuka “space” baru berupa Pojok Wisata.

“Pojok pariwisata adalah program layanan baru yang ada di Perpustakaan Universitas PGRI Semarang. Tujuan dari layanan ini adalah untuk mengakomodir potensi pariwisata, kuliner, ekonomi kreatif, budaya, dan kearifan lokal yang ada di daerah asal setempat,” terang Kepala Perpustakaan, Dr. Endah Rita Sulistya Dewi, S.Si., M.Si. dalam seremoni peresmian Pojok Pariwisata di gedung UPT Perpustakaan, 5 Oktober 2021.

Rita menambahkan, Pojok Pariwisata ini berupa “corner” di lantai 3 perpustakaan UPGRIS yang juga ditunjang dengan fasilitas daring yaitu menjadi salah satu menu di web library.upgris.ac.id.

“Kami merasa perlu merespons potensi pariwisata daerah dalam karya inovatif dan kreatif. Selain lewat ruang corner, pada dashboard web kami terdapat sub menu di antaranya berita, travelling, kuliner, video, serba-serbi, dan katalog.”

Selain itu, menurut Rita lewat layanan daring dan luring ini, perpustakaan ingin menyajikan ruang bagi mahasiswa untuk mengirimkan tulisannya.

“Contohnya, kolom kuliner disediakan untuk mengangkat tentang topik kuliner khas Semarang dan daerah-daerah lainnya yang ada di Jawa Tengah. Lalu pada kolom video berisi video-video objek pariwisata, dan tempat kuliner yang recomended bisa di kunjungi,” tandasnya.

Salah satu tulisan dari mahasiswa UPGRIS, Asnita Andhika, misalnya. Ia menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke desa wisata Kembang Langit di Batang.

“Bagi kalian yang sudah penat dengan suasana kota atau bahkan sudah jenuh dengan rutinitas pekerjaan yang monoton, silakan coba berwisata kesini, dijamin kalian akan merasakan suasana segar yang membuat rileks dan pastinya akan membuat mood anda menjadi baik,” terangnya.

Rita membuka kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa yang ingin terlibat menulis untuk laman “Pojok Wisata” melalui email [email protected] 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *