Postur tubuhnya tinggi. Rambutnya hitam tergerai. Senyumnya khas. Kulitnya putuh langsat. Kira-kira seperti itulah ciri-ciri fisik Candra Ariyani, mahasiswa PGSD Universitas PGRI Semarang. Dengan postur tersebut, Candra percaya diri terjun di bidang modeling, meski masih sebagai pemula. Sejak masih di tingkat sekolah menengah, Candra mulai rajin mengikuti lomba-lomba modeling. “Saya ikut ekstrakurikuler modeling. Tetapi di […]
Pada mulanya hanya sekadar suka desain baju. Tetapi, lama-lama hobi ini membuatnya serius menekuni dunia produk pakaian. Riza Anisa Setyowati mengaku sudah sejak masih remaja menyukai desain. Apalagi ia memang tipe orang yang sangat mementingkan penampilan. “Dulu saya sekolah di SMK jurusan tata busana. Dari situlah saya keterusan,” ungkap mahasiswa Manajemen Universitas PGRI Semarang. Riza […]
Tiga mahasiswa Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) teliti tradisi Jawa dan pembuahan ganda lolos pekan ilmiah mahasiswa nasional (PIMNAS). Dari latar belakang peserta didik kesulitan dalam memahami materi pembuahan ganda yang abstrak. Rendahnya sikap peserta didik mengahrgai budaya yang masih rendah. Budaya Temu Manten memiliki tahapan yang mirip pembuahan ganda. Serta, perlunya penelitian pembelajaran analogi Temu […]
Pusat pendidikan dan Humaniora LPPM Universitas PGRI Semarang gelar pelantikan Asosiasi Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (APPPI) Provinsi Jawa Tengah serta workshop. Workshop Peningkatan Pendidikan Melalaui Penguasaan Didactical Design research (DDR) di era revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0. Hadir Rektor UPGRIS Dr Muhdi SH MHum di dampingi Wakil Rektor serta Dekan. Acara berlangsung di […]
“Seorang petani akan menyeberangkan kambing, sayuran, dan anjing dengan menggunakan sampan kecil. Masalah muncul karena sampan hanya muat untuk salah satu saja dari bawaannya. Sayuran tidak dapat ditinggal bersama kambing karena akan dimakan kambing. Kambing juga tidak dapat ditinggal bersama anjing karena akan diterkam anjing. Tolong bantu bagaimana petani tersebut menyeberangkan bawaannya. Keterampilan Berpikir Kreatif […]
Didactical Design Researh (DDR) lahir dari suatu proses panjang (sejak tahun 2000) yakni diawali pengkajian pemikiran Brouseau dari Prancis tentang Teori Situasi Didaktis serta pemikiran Kansanen dari Finlandia tentang Teori Didactical Triangle. Kedua teori tersebut secara bertahap dikaji dan dipahami dalam konteks pembelajaran di Jepang dan Indonesia melaui kegiatan Lesson Study. dari studi yang dilakukan […]
Enam mahasiswa UPGRIS program studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Matematika siap belajar ke Universitas Negeri Peringatan Don Mariano Marcos (DMMMSU), Philiphines, untuk Program Transfer Kredit, implementasi kolaborasi UPGRIS dan DMMMSU Filipina. Kerja sama ini adalah upaya UPGRIS untuk terus memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk terus mengembangkan diri dan menyiapkan kemampuan menghadapi dunia kerja yang […]
Anak-anak autis membutuhkan pemahaman khusus, terutama dalam kemampuan berbahasa. Pada dasarnya anak autis memiliki kecerdasan khusus. Ini salah satunya ditunjukan dalam kemanpuan berbahasa yang mereka kuasai. Mereka biasanya menggunakan bahasa yang menurut mereka cocok. Memahami hal tersebut, dosen PBSI UPGRIS Ika Septiana, S.Pd., M.Pd., mengajukan disertasi berjudul Pola Intonasi Kalimat Bahasa Indonesia Anak Autis: Kajian […]
Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) Dyah Nugrahani berhasil meraih gelar doktor dari Program Studi Doktor Linguistik Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dalam ujian yang digelar di kampus UNS, Senin (5/8/2019). Kepala UPT Layanan Bahasa dan Sertifikasi Profesi UPGRIS ini berhasil mempertahankan disertasinya tentang klasifikasi istilah budaya Jawa yang terdapat dalam novel […]
Keberadaan sekolah inklusi, yakni satuan pendidikan regular yang menerima Aanak Berkebutuhan Khusus (ABK) sangat diperlukan. Sekolah tersebut menyediakan sistem layanan pendidikan, yang disesuaikan dengan kebutuhan anak tanpa kebutuhan khusus (ATBK) dan ABK melalui adaptasi kurikulum, pembelajaran, penilaian, dan sarana prasarana. Namun sayang, kualitas SDM guru pengajar hingga sarana prasarana yang ada di sekolah inklusi tersebut […]