Prestasi pada bidang akademik diraih mahasiswa Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia (UPGRIS) Semarang. Julia, mahasiswi Program Studi Pendidikan Fisika, berhasil menerbitkan artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi Physics Education terindeks Scopus Q2, Volume 60 Nomor 6.
Artikel berjudul “Effectiveness of Implementing Deep Learning Approach Using PBL with PhET Simulation on Students’ Interest and Collaboration” itu merupakan hasil penelitian Julia bersama dosen pembimbing.
Penelitian dilakukan di salah satu sekolah menengah atas di Semarang dengan desain kuasi-eksperimental untuk mengukur efektivitas pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan media simulasi PhET dalam meningkatkan minat belajar dan keterampilan kolaborasi siswa pada materi fluida dinamis.
Hasil penelitian menunjukkan pendekatan tersebut berdampak positif terhadap peningkatan minat belajar dan kemampuan kolaborasi. Data dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif, uji normalitas, serta uji Mann-Whitney U, dan didukung hasil observasi yang konsisten dengan kuesioner.
“Kami bangga dengan capaian mahasiswa yang tidak hanya aktif di perkuliahan, tetapi juga mampu bersaing di tingkat internasional melalui publikasi pada jurnal bereputasi. Hal ini menunjukkan kualitas akademik dan budaya riset di kampus kami semakin meningkat,” ujar Rektor UPGRIS, Dr Sri Suciati MHum, Rabu (1/10/2025).
Ketua Prodi Pendidikan Fisika sekaligus dosen pembimbing, Affandi menambahkan keberhasilan ini lahir dari kerja keras, ketekunan, serta komitmen mahasiswa.
Ia berharap publikasi tersebut menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk aktif menulis dan meneliti.
Julia merupakan penerima beasiswa KIP Kuliah. Pencapaiannya dinilai sejalan dengan visi UPGRIS dalam mendorong mutu penelitian, publikasi internasional, dan penguatan budaya akademik berbasis riset.

