UPGRIS Rilis Program Amalan Ramadan

Bulan ramadan bulan penuh pengampunan Tuhan. Umat muslim serentak tunaikan ibadah puasa dan sunah-sunahnya. Tak terkecuali civitas akademik di Universitas PGRI Semarang yang tiap tahun menggelar kegiatan khusus menyambut ramadan.

“Ada tiga jenis kegiatan utama yang akan diselenggarakan pada kegiatan ramadan kali ini, yaitu Khotmil Qur’an dan pengajian, Nuzulul Qur’an, serta Halal Bihalal,” terang Dr. Muhammad Syaipul Hayat, M.Pd, selaku ketua panitia dalam acara pembukaan kegiatan Amalan Ramadan di Gedung Pusat lantai 2, pada Senin, 26 April 2021.

Saipul memaparkan, acara ini akan melibatkan mahasiswa, dosen dan karyawan untuk berpartisipasi, seperti dalam sesi kegiatan Gerakan membaca Alquran. Khotmil Alquran dan pengajian akan dilaksanakan pada tanggal 26 dan 29 April, serta 3 dan 6 Mei.

“Untuk peringatan Nuzulul Quran, acara akan diagendakan secara luring, disertasi acara pemberian santunan kepada 100 anak yatim dari berbagai pantai asuhan,” tambah Syaipul.

Rangkaian ini akan dipungkasi dengan acara halal bihalal pada Kamis, 20 Mei 2021, yang akan dilaksanakan secara daring di gedung Balairung. “Untuk acaranya akan kami selenggarakan secra daring dan luring, dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat,” tegasnya.

Sementara itu, Rektor UPGRIS Dr. Muhdi, SH., M.Hum, dalam acara yang sama menyampaikan ia menyambut baik rangkaian acara tersebut. “Gerakan membaca Alquran adalah wujud syukur kita terhadap Allah SW, sekaligus bersyukur kembali mengikuti puasa ramadan dan mengisinya dengan amalan.”

Dalam kesempatan yang sama, dosen Sunan Baedowi, M.Si dalam tausiahnya menegaskan tentang faedah dari puasa. “ Puasa adalah ibadah yang dibalas oleh Tuhan langsung. Sehingga pahala tiap orang yang berpuasa akan berbeda-beda, bergantung kesungguhan hatinya,” terangnya. Selain itu, menurut Sunan, berpuasa akan membuat manusia senantiasa menjaga kesabaran.

 

Leave a Reply