Rencana kegiatan pada Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang dilaksanakan oleh program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) merupakan rencana berkelanjutan selama tiga tahun. Strategi utama di tahun pertama ialah memperkuat sumberdaya internal dengan membangun sistem griya pintar dan griya bisnis digital. Serta, pengembangan kemitraan melalui kerjasama dengan perguruan tinggi, dunia usaha maupun dunia industri dengan sasaran utama IKU 1. Tahun kedua ialah peningkatan persentase mahasiswa yang berkegiatan di luar kampus melalui 8 BKP MBKM (IKU 2) dan peningkatan persentase keterlaksanaan kemitraan Program Studi, khususnya untuk mendukung transformasi kurikulum menuju akreditasi internasional, serta kemitraan program studi yang mendukung tridharma perguruan tinggi dan MBKM mahasiswa. Sedangkan Tahun ke 3 adalah akreditasi internasional. Untuk itu, pada tahun pertama diperlukan pengembangan kemitraan dengan berbagai mitra strategis pendukung CPL serta kegiatan bechmarking untuk mendapatkan gambaran managemen prodi terakreditasi internasional.
Bechmarking dilakukan di FMIPA UNY, dengan program studi rujukan adalah program studi yang telah memperoleh akreditasi Internasional ASIIN. Rombongan diterima langsung oleh Dekan FMIPA UNY, Prof Dr Ariswan MSi, Prof Ariswan mengucapkan terima kasih telah memilih UNY sebagai rujukan, dan untuk memenuhi keingintahuan terkait managemen akreditasi internasional dihadirkan pula jajaran dekanat FMIPA UNY, diantaranya wakil dekan bidang akademik dan kerjasama Prof Jaslin Ikhsan, Drs M App Sc PhD Wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni: Dr Ali Mahmudi MPd Ketua jurusan pendidikan matematika Dr Sri Andayani M Kom dan beberapa pejabat lainnya. Dari diskusi yang terjadi, diperoleh berbagai informasi tentang akreditasi internasional ASIIN. Mengutip dari perntataan Dr Ali Mahmudi M Pd bahwa akreditasi ASIIN mengutamakan outcome based learning, di mana CPL adalah GOL dari segala upaya yang dilakukan. ASIIN akan meminta pertanggungjawaban kita tetang bagaimana kita memenuhi janji (CPL) pada klien (mahasiswa) sehingga ketercapaian CPL menjadi jelas terukur.