Asyiknya Belajar Melalui Media Tepuk Kartu Pintar

Salah satu inovasi yang menarik perhatian dalam dunia pendidikan adalah menggunakan permaian edukatif dalam kegiatan belajar mengajar. Permainan edukatif bisa meningkatkan motivasi belajar dan peserta didik bisa aktif dalam pembelajaran, selain itu pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Menurut beberapa penelitian, metode pembelajaran berbasis permainan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik (Sanjaya, 2013: Rahmawati, 2017).

Menurut Durarul Bahyyah (2018), kartu pintar merupakan media pembelajaran yang berbentuk inovatif serta kreatif, dimana dapat digunakan sebagai alat permainan yang dapat menjadikan siswa lebih responsive, sehingga media tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Tepuk kartu pintar adalah suatu permainan yang berupa kartu yang didesain dengan sangat menarik yang berisi soal atau pertanyaan dengan dimainkan oleh 1 kelompok siswa yang berisi 5 sampai 7 anggota, dengan cara menumpuk kartu di lantai atau meja, lalu setiap anggota siswa dalam 1 kelompok bergantian menepuk, dan setiap kartu yang ditepuk itu kebuka maka siswa wajib menjawab soal atau pertanyaan yang ada didalam kertas tersebut serta siswa yang menjawab soal atau pertanyaan secara tepat maka kelompok tersebut akan menjadi pemenangnya. Media ini akan menjadikan kegiatan pembelajaran lebih interaktif dan juga mendorong kolaborasi antar siswa sehingga memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Manfaat permainan tepuk kartu pintar adalah dapat mengaktifkan siswa, melatih kreativitas, menghasilkan ide, dan mengemukakan pendapat dengan cara yang sederhana. kemampuan berbahasa, kreativitas, dan berpikir. Dengan kegiatan pembelajaran menggunakan media permainan tepuk kartu dalam penyampaian materi menjadikan peningkatan hasil belajar siswa.

Media tepuk kartu pintar merupakan pengembangan media yang sengaja di rancang untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan.

  1. Kelebihan media tepuk kartu pintar
  2. Media yang menarik dengan bentuk dan warna yang beragam pada setiap kartu.
    1. Soal atau pertanyaan dalam tepuk kartu pintar dapat meningkatkan pemahaman siswa.
    1. Siswa akan berpartisipasi secara aktif.
    1. Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
    1. Siswa akan menerima informasi yang sebenarnya.
    1. Mudah digunakan oleh guru maupun siswa.
  3. Kelemahan media tepuk kartu pintar
    1. Keterbatasan jumlah peserta didik untuk menggunakan media ini.
    1. Media pembelajaran ini tidak praktis dalam penggunaannya karena sulit untuk dibawa kemana-mana dan rentan rusak apabila dipakai secara terus menerus.

Permainan tepuk kartu pintar merupakan alat yang sangat efektif untuk mengembangkan berbagai aspek kemampuan siswa. Dengan manfaat yang begitu banyak, permainan ini sangat layak untuk dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif.

(M. Adib Taufiqurrohman)