FPMIPATI UPGRIS  Gandeng Asosiasi Muslimah Pengusaha Indonesia (Alisa) “Khadijah”

FPMIPATI UPGRIS Gandeng Asosiasi Muslimah Pengusaha Indonesia (Alisa) “Khadijah”

Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi (FPMIPATI) Universitas PGRI Semarang tandatangani naskah kerjasama dengan Asosiasi Muslimah Pengusaha Indonesia (Alisa) “Khadijah,” baru-baru ini. Hal ini merupakan salah satu upaya identifikasi potensi daerah di Jawa Tengah untuk pengembangan UMKM dan pembuatan Profil UMKM khususnya mahasiswa FPMIPATI UPGRIS. Hadir dalam acara tersebut Zhakiah Joban ketua Alisa Khadijah ICMI Jawa Tengah,  Dr Nur Khoiri SPd MT MPd  Dekan FPMIPATI UPGRIS, serta pejabat struktural lain.

Tujuan dari nota kesepahaman ini untuk identifikasi produk potensial di setiap daerah untuk dijadikan UMKM Unggulan Jawa Tengah. Sedangkan ruang lingkup Kerjasama ini antara lain meliputi semua hal yang terkait dengan program identifikasi produk potensial di setiap daerah untuk dijadikan UMKM Unggulan Jawa Tengah.

Dalam melaksanakan kegiatan yang diselenggarakan saling memberikan bantuan diantaranya penyediaan SDM untuk melakukan identifikasi produk potensial di setiap daerah di Jawa Tengah. Kedua, forum diskusi untuk penentuan produk potensial yang layak diusulkan menjadi UMKM Unggulan Jawa Tengah. Ketiga, Koordinasi dengan Kadin setempat untuk pengusulan UMKM Unggulan. Keempat, Penyediaan SDM untuk pembuatan profil UMKM.

Zhakiah Joban  menjelaskan program kerja dari Alisa Khadijah ICMI yaitu membangun jaringan usaha dalam dan luar negeri. “Menggalang kerjasama antar muslimah pengusaha agar bersinergi dalam menyongsong era perdagangan bebas dan globalisasi, serta menumbuh kembangkan etos kerja dan etika bisnis yang Islami sehingga terwujud professionalisme dalam menghadapi tantangan dunia usaha,”ucap ketua Alisa Khadijah ICMI Jawa Tengah.

Selain itu, tujuan lainnya yakni mengadakan pelatihan dan konsultasi manajemen, teknologi dan permodalan, membangun pusat informasi bisnis untuk menghadapi era pasar bebas, membangun jaringan distribusi antar umat, dan mendukung kegiatan-kegiatan sosial untuk kemaslahatan umat.

Nur Khoiri menambahkan jika kegiatan ini merupakan hasil riset serta kajian analisis kebutuhan kurikulum bahwa para mahasiswa harus menjalin kerjsama dengan pengusaha. “banyak alumni dari FPMIPATI UPGRIS yang saat ini selain jadi guru juga menekuni bidang bisnis. Usaha para alumni terbilang sangta sukses hingga membuka lapangan kerja di lingkungan masing-masing. Hal ini menjadi salah satu motivasi kami untuk menjembatani agar para alumni bisa menjadi bahian dari himpunan pengusaha muda Indonesia.” tutur Khoiri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *