Mahasiswa KKN UPGRIS Ciptakan Salad Kolang Kaling

Kendal (9/2), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) memperkenalkan dan mengajarkan cara pembuatan salad kolang-kaling. Selain itu, juga cara memasarkan di media sosial. Mahasiswa KKN UPGRIS adakan sosialisasi di bidang kewirausahaan inovasi produk lokal salad kolang kaling untuk bersaing dalam pemasaran daring. Terdapat empat dusun yang mengikuti, tidak hanya warga masyarakat namun juga menghadirkan pembicara dari UPGRIS Andi Priolistiyanto SKom MKom hadir juga Dosen pembimbing lapangan serta Kepala Desa Gonoharjo.
Pada kegiatan ini dilakukan sosialisasi mengenai manfaat kolang-kaling dan bagaimana pengolahannya menjadi salad. Metode yang digunakan adalah metode ceramah melalui penyampaian materi secara terstruktur. Peserta diberikan tuk informasi lengkap mengenai kolang-kaling termasuk manfaat dan cara pengolahannya oleh narasumber. Pada tahapan ini juga diberikan kesempatan bagi peserta untuk menyampaikan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan materi yang disampaikan oleh narasumber.
Pengenalan materi baru mengenai produk makanan lokal dan pemasaran makanan hasil karya dari mahasiswa KKN UPGRIS di Desa Gonoharjo. Produk yang diambil yaitu kolang-kaling yang menjadi potensi di desa Gonoharjo. sebenarnya banyak potensi di desa Gonoharjo, seperti kopi, gula aren, alpukat. Namun mahasiswa KKN memilih kolang-kaling karena banyak masyarakat yang kurang paham akan memproduksi dan mengolah kolang-kaling, selain itu juga kurang paham untuk memasarkannya.
Sosialisasi Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk memberi pengetahuan baru tentang mengolah kolang kaling serta bagaimana cara pemasarannya. Acara yang di awali dengan pengenalan produk kolang kaling karya Mahasiswa KKN UPGRIS. Produk tersebut diolah dengan pengemasan baru, agar masyarakat Gonoharjo memiliki wawasan yang lebih untuk membuat produk baru lagi. Pembuatan produk salad kolang kaling ini tidak hanya sebatas pembuatan produk biasa, namun juga memiliki manfaat yang penting bagi orang dewasa maupun anak-anak. Kolang kaling memiliki manfaat bagi tubuh seperti,melancarkan penceraan, memperkuat tulang, digunakan sebagai pengganti nasi, digunakan untuk skin care, dan untuk asam urat. Manfaat dari salad kolang kaling itu dapat mengoptialkan fungsi otak dan mencegah kanker. Materi produk Salad yang disampaikan oleh M. Fariz Maulana.
Kolang-kaling menjadi potensi desa Gonoharjo, sebagian dari warga Gonoharjo menjual kolang-kaling tidak diolah tetapi langsung dipasarkan dalam bentuk mentahan. Dari masalah tersebut ditemukan inovasi baru cara mengolah kolang-kaling menjadi salad kolang-kaling.
Mengolah kolang-kaling menjadi produk olahan yang bermutu dan sesuai minat konsumen dapat menjadi peluang usaha yang baru. Sekarang ini, yang dibutuhkan oleh seorang wirausaha yakni bagaimana kreatifitasnya dalam mngolah suatu produk sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat konsumen. Segala sesuatu yang didasar atas kreatifitas yang tinggi pasti akan mudah laku dipasaran. Oleh karena itu, hal utama yang harus dperhatikan adalah strategi dalam pemasarannya. Pemasaran Produk secara online dilakukan untuk membantu masyarakat Kelurahan Gonoharjo dalam memasarkan produk olahan salad kolang-kaling yang telah mereka buat. Pelatihan pemasaran daring ini difasilitasi oleh narasumber membantu masyarakat menyiapkan teknik untuk memasarkan produk-produk mereka di media sosial.

Acara diadakan dengan meriah, warga begitu antusias mengikuti setiap kegiatan. Warga masyarakat juga mendengarkan dengan seksama setiap pembiacara memberikan materi, pertanyaan-pertanyaan yang juga muncul dari warga, sehingga acara berlangsung dengan kondusif. Pengenalan produk dan cara pemasaran secara daring disambut antusias oleh warga. Dengan adanya sosialisasi PKM ini membuat warga masyarakat menjadi mengerti bentuk-bentuk pemasaran secara daring. Tidak hanya berjualan lewat ruko-ruko, sekarang ini berjualan dapat secara langsung buka 24 jam, tidak harus dengan buka ruko. Agar tidak kesulitan dengan cara kontrak atau sewa ruko. Pemasaran tersebut dapat dilakukan dengan sosial media seperti instagram, facebook, blog, twitter dan masih banyak lagi. Dengan cara tersebut pemasaran akan berjalan dengan mudah.

Leave a Reply