Public Speaking Milik Semua Warga Masyarakat

Public Speaking Milik Semua Warga Masyarakat

Keterampilan public speaking tidaklah mutlak dikuasai tokoh besar seperti presiden, menteri, maupun pejabat tinggi yang kerap kali pidatonya dalam sebuah kegiatan besar sangat ditunggu. Tidak pula mutlak dikuasai oleh selebriti maupun artis terkemuka yang sering tampil di layar kaca. Keterampilan public speaking milik semua warga masyarakat tak terkecuali para guru-guru PAUD dan TK Gugus Flamboyan kecamatan Banyumanik. Hampir semua guru PAUD Gugus Flamboyan perlu memiliki ketrampilan Public Speaking sehingga ketika mengadakan kegiatan apapun mereka bisa tampil dengan luwes sebagai pembawa acara, pembicara, pengisi materi, ataupun pemberi sambutan.

Guru-guru Paud dan TK Gugus Flamboyan  memiliki program-program kegiatan yang berkaitan dengan sekolah dan Yayasan. Dengan dimilikinya keterampilan public speaking, tidak ada lagi suasana saling tunjuk untuk menjadi pembicara maupun pembawa acara dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. Tidak ada pula kesulitan mencari pembicara atau pembawa acara dari luar gugus untuk mensukseskan acara yang diagendakan.

Kebutuhan guru-guru Paud dan TK Gugus Flamboyan untuk meningkatkan ketrampilan Public Speaking ini disampaikan kepada Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Prodi Pendidikan Bahsa Inggris Universitas PGRI Semarang. Tim PKM UPGRIS setelah berhasil menyelenggarakan pelatihan Public Speaking bagi siswa-siswa SMA se-propinsi Jawa Tengah kemudian menyelenggarakan kembali kegiatan pelatihan Public Speaking dengan mitra guru-guru Paud dan TK Gugus Flamboyan di Kecamatan Banyumanik. Pengabdian masyarakat ini difokuskan dengan kegiatan yang berjudul “IbM Peningkatan Kompetensi Public Speaking bagi Guru PAUD dan TK Gugus Flamboyan Kecamatan Banyumanik Kota Semarang

yang dilaksanakan baru-baru ini secara luring dengan prokes ketat pada 2021 di Aula SD Bina Insani.

Ketua Tim pengabdian, Dr Dyah Nugrahani sekaligus narasumber pelatihan ini menyampaikan bahwa pelatihan Public Speaking bagi guru-guru PAUD dan TK Gugus Flamboyan ini penting dilakukan agar dapat membantu berlangsungnya program-program kegiatan yang berkaitan dengan sekolah, Yayasan dan masyarakat.. Kegiatan pelatihan teknis ini meliputi penyampaian teknik dan strategi public speaking agar mereka memahami dan dapat mempraktikkan kegiatan tersebut dengan baik dan percaya diri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *