Program Studi Pendidikan Matematika

Ketua Program Studi: Dr. Lilik Ariyanto M.Pd.

Sekretaris: Yanuar Hery Murtianto, M.Pd.

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Visi Program Studi Pendidikan Matematika sampai tahun 2021 adalah menjadi program studi pendidikan matematika yang unggul dan berjatidiri.

MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Misi Program Studi Pendidikan Matematika tahun 2015-2021 yaitu:

Menyiapkan pendidik matematika yang unggul dan berjatidiri.
Melaksanakan penelitian inovatif dan kajian intensif sebagai landasan proses pendidikan matematika dan pengabdian kepada masyarakat.
Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan implementasi hasil-hasil penelitian.
Melakukan kegiatan kemitraan dengan pihak luar sebagai upaya perwujudan Tridarma Perguruan Tinggi.

TUJUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang tahun 2015-2021 mempunyai tujuan sebagai berikut:

Menghasilkan pendidik matematika yang kreatif, inovatif dan berbasis ICT serta berdaya saing secara nasional.
Meningkatkan kemampuan penelitian dosen dan calon pendidik dalam mengembangkan ilmu pengetahuan sesuai bidang keahlian.
Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan seminar, lokakarya, konferensi, simposium dan pelatihan untuk menjawab beragam permasalahan dalam pendidikan matematika.
Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak baik dalam negeri maupun luar negeri sebagai upaya perwujudan Tridarma Perguruan Tinggi.

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Rencana Strategis 2015-2021

Terciptanya pendidik matematika yang unggul dan berjatidiri meliputi empat kompetensi (profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial) yang diakui secara nasional.

Melakukan seleksi calon mahasiswa melalui tes akademik, tes kepribadian, dan tes wawancara.
Melaksanakan pelatihan Emotional Spiritual Quotient baik untuk mahasiswa maupun dosen.
Mendorong dosen program studi pendidikan matematika untuk studi lanjut S3.
Melakukan evaluasi dan perbaikan kurikulum berbasis kompetensi dengan dilanjutkannya Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses belajar mengajar.
Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan.

Diperolehnya karya-karya hasil penelitian yang unggul dan inovatif dalam bidang pendidikan matematika yang terpublikasi.

Melakukan pelatihan dan workshop penulisan karya tulis ilmiah baik penelitian kualitatif, kuantitatif maupun R&D
Melaksanakan penelitian yang unggul dan inovatif melalui dana dari lembaga dan hibah dari pihak lain.
Melakukan publikasi ilmiah baik di jurnal nasional maupun internasional.

Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan pendidikan matematika untuk membangun kehidupan yang lebih baik serta memberi manfaat sebanyak-banyaknya bagi
kehidupan.
Mengadakan pelatihan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
Mengadakan workshop untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
Melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di berbagai daerah provinsi Jawa Tengah.

Terwujudnya kerjasama yang baik dengan berbagai pihak dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Menerapkan sistem manajemen dan administrasi akademik yang baik.
Menerapkan iklim kerja dan suasana akademik yang kondusif.
Mengundang pakar dalam rangka pelatihan atau workshop.
Melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berbasis wilayah dan PPL di luar negeri (UTM).