PENERIMAAN DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG TAHUN 2023

Sila baca syarat dan ketentuan lengkap di bawah ini

Link Pendaftaran Online (Sampai 10 Februari 2023 – Pukul 16.00 WIB)

Pendaftaran Sudah Tutup

Penerimaan Dosen dan Tenaga Kependidikan Universitas PGRI Semarang

Tahun 2023

  1. Formasi Pegawai
No. Jenis Pegawai Kode Nama Jabatan Jumlah
1 Dosen DS-01 Dosen 2
2 Tenaga Kependidikan TK-01 Tenaga Administrasi 5
3 Tenaga Kependidikan TK-02 Staf Keuangan dan Staf Satuan Pengendali Internal 2
4 Tenaga Kependidikan TK-03 Laboran Fisika 1
5 Tenaga Kependidikan TK-04 Laboran Kultur Jaringan 1
6 Tenaga Kependidikan TK-05 Laboran Informatika 1
7 Tenaga Kependidikan TK-06 Laboran Arsitektur 1
8 Tenaga Kependidikan TK-07 Laboran Micro Teaching 1
9 Tenaga Kependidikan TK-08 Staf Programmer 2
10 Tenaga Kependidikan TK-09 Staf IT 1
11 Tenaga Kependidikan TK-10 Staf Administrasi 1
  Total Formasi 18
  • Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan secara langsung atau secara online www.upgris.ac.id.

  1. Waktu Pendaftaran
  2. Pendaftaran (online atau Langsung) dibuka mulai tanggal 8 Februari 2023
  3. Penerimaan berkas lamaran paling lambat 10 Februari 2023 pukul 16.00 WIB
  4. Tempat Pendaftaran

Berkas lamaran dikirim ke Gedung Pusat Lantai 2 Panitia Penerimaan Pegawai Universitas PGRI Semarang Jl. Sidodadi Timur No. 24 – Dr. Cipto, Semarang

  • Pilihan pendaftaran

Pilih salah satu secara langsung atau online. Apabila terdeteksi melakukan pendaftaran ganda (Double) maka panitia dapat melakukan pembatalan (diskualifikasi).

  • Persyaratan Dosen
  • Penempatan
No. Kode Nama Jabatan Jumlah Formasi Rencana Penempatan
1 DS-01 Dosen 2 Program Studi S1- Informatika, Fakultas Teknik dan Informatika
  • Persyaratan Umum
  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  • Setia kepada Pancasila, Undang -undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,
  • Tidak pernah dihukum (dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian),
  • Sehat Jasmani, Rohani dan Bebas Narkoba (dari Rumah Sakit Pemerintah),
  • Bersedia mengundurkan diri dan melakukan pengurusan Lolos butuh dari Perguruan tinggi atau Lembaga asal apabila diterima.
  • Persyaratan Khusus
  • Memiliki kualifikasi akademik minimal S2 dari S1 Informatika dan S2 Informatika / S2 Teknik Informatika / S2 – Ilmu Komputer dan/atau S3 – Ilmu Komputer (diutamakan)
  • IPK minimal 3,00
  • Memiliki Jabatan Fungsional Akademik Dosen (diutamakan)
  • Memiliki Sertifikat Pendidik Dosen (diutamakan)
  • Usia maksimal 35 tahun (per 1 Maret 2023),
  • Memiliki pengetahuan mengenai kecerdasan buatan (AI), Pemrograman aplikasi mobile dan Game,
  • Memiliki pengalaman terlibat dalam pengembangan Sistem Informasi dan Aplikasi Komputer.
  • Persyaratan Tenaga Kependidikan
  1. Penempatan
No. Kode Nama Jabatan Jumlah Formasi Rencana Penempatan
1 TK-01 Tenaga Administrasi 5 Biro Administrasi Akademik (2), Pascasarjana (1), Fakultas Ilmu Pendidikan (1), Lembaga Pengembangan Profesi (1)
2 TK-02 Staf Keuangan dan Staf Satuan Pengendali Internal 2 Biro Administrasi Umum dan Keuangan
3 TK-03 Laboran Fisika 1 Program Studi Pendidikan Fisika
4 TK-04 Laboran Kultur Jaringan 1 Program Studi Pendidikan Biologi
5 TK-05 Laboran Informatika 1 Program Studi Informatika
6 TK-06 Laboran Arsitektur 1 Program Studi Arsitektur
7 TK-07 Laboran Micro Teaching 1 Lembaga Pengembangan Profesi
8 TK-08 Staf Programmer 2 UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi
9 TK-09 Staf Teknologi Informasi 1 UPT Penerimaan Mahasiswa Baru
10 TK-10 Staf Administrasi 1 UPT Kantor Urusan Internasional
  • Persyaratan Umum
  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  • Setia kepada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,
  • Usia maksimal 35 tahun (per 1 Maret 2023),
  • Tidak pernah dihukum (dibuktikan dengan Surat Keterangan catatan Kepolisian),
  • Sehat Jasmani, Rohani dan Bebas Narkoba (dari Rumah Sakit Pemerintah),
  • Berkepribadian jujur, rajin, amanah, disiplin dan sopan
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat bekerjasama dengan tim
  • Tidak terikat sebagai PNS atau Dosen Tetap pada perguruan tinggi lain dan/atau sebagai pegawai tetap pada Lembaga lain.
  • Persyaratan Khusus
Kode Nama Jabatan Persyaratan Khusus
TK-01 Tenaga Administrasi 1. Minimal D3 – Semua Jurusan
2. Menguasai IT (teknologi Informasi)
TK-02 Staf Keuangan dan Staf Satuan Pengendali Internal 1. Minimal D3 – Akuntasi
2. Pengalaman Kerja min. 2 Tahun
3. Memahami perkembangan Ilmu Akuntansi
TK-03 Laboran Fisika 1. S1 – Pendidikan Fisika
2. Terampil mengoperasikan alat praktikum
TK-04 Laboran Kultur Jaringan 1. Minimal D3 – Teknologi Benih
2. Berpengalaman dalam melakukan perbanyakan tanaman metode kultur jaringan
3. Mampu melakukan pengembangan tanaman secara kultur jaringan (inisiasi, multiplikasi, dan aklimatisasi)
4. Mampu melakukan pengelolaan kultur jaringan baik teknis maupun administratif
TK-05 Laboran Informatika 1. Pendidikan Minimal S1 – Informatika / S1 – Teknik Informatika / S1 – Teknik Komputer / S1 – Teknologi Informasi
2. Memiliki sertifikasi sebagai pranata laboratorium (lebih diutamakan)
3. Memiliki kemampuan beradaptasi dan mengelola laboratorium
4. Berkepribadian jujur, rajin, manah, disiplin, dan sopan
5. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat bekerja dalam tim
6. Memiliki pengalaman instalasi hardware/software PC dan Jaringan
7. Memiliki ketrampilan mengelola Website dan media Sosial
TK-06 Laboran Arsitektur 1. Pendidikan Minimal S1 Arsitektur
2. Tidak buta warna (Surat Keterangan Dokter tidak buta warna)
3. Menguasai aplikasi 3D Arsitektur (CAD, Sketchup, dll) dan Animasi (Enscape/Lumion)
4. Mampu mengelola dan instalasi Hardware dan Software PC/Laptop
5. Diutamakan mampu mengelola Media Sosial (Instagram dan facebook) dan Website
TK-07 Laboran Micro Teaching 1. Minimal D3 Semua Jurusan
2. Memiliki kompetensi Audio Visual
3. Memiliki kompetensi Multimedia
TK-08 Staf Programmer 1. Pendidikan Minimal S1 – Informatika / S1 – Sistem Informasi
2. Memiliki pengalaman dalam pengembangan Sistem Informasi dan Aplikasi Komputer
3. Mengetahui arsitektur server dan jaringan internet
4. Pengalaman minimal 2 Tahun (diutamakan)  
TK-09 Staf IT 1. Minimal D3 – Desain Komunikasi Visual
2. Memiliki Pengalaman Desain Visual maupun Audio visual
3. Memiliki kecakapan dalam mengelola Sosial Media
TK-10 Staf Administrasi 1. S1 – Semua Jurusan
2. Aktif menguasai Bahasa InggrisToefl Score minimal 500
  • Jadwal Seleksi dan Tahapan Seleksi
  • Jadwal Seleksi
No. Tanggal Kegiatan
1  07 Februari 2023 Sosialisasi Penerimaan (Website, Koran dan Radio)
2 08 – 10 Februari 2023 Pendaftaran (Online atau Datang langsung)
3 11 Februari 2023 Seleksi Administrasi
4 13 Februari 2023 Pengumuman: Seleksi Administrasi
5 15 – 16 Februari 2023 Psikotest dan Toefl
6 21 Februari 2023 Pengumuman: hasil Psikotest dan Toefl
7 27 – 28 Februari 2023 Wawancara
8 8 Maret 2023 Pengumuman: Penetapan
  • Tahapan Seleksi

Seleksi penerimaan Dosen dan tenaga kependidikan menggunakan sistem gugur dan keputusan panitia tidak dapat digugat. Tahapan seleksi sebagai berikut:

  1. Seleksi Administrasi,
  2. Psikotest,
  3. Tes Toefl (DS-01 dan TK-10),
  4. Wawancara.

Pelamar yang lolos dalam seleksi administrasi akan diundang untuk mengikuti tes/seleksi berikutnya.

  • Kelengkapan Berkas
  • Kelengkapan pendaftaran Langsung

Kelengkapan berkas yang kumpulkan antara lain:

  1. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam tanpa materai ditandatangani pelamar, ditujukan kepada Rektor Universitas PGRI Semarang,
  2. Salinan Ijazah dan Transkrip Akademik Pendidikan tinggi (S1, S2, dan S3) dari program studi terakreditasi dan terdata pada SIVIL Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik https://ijazah.kemdikbud.go.id/ (cetak hasil screenshoot terdata pada halaman website SIVIL) atau perguruan tinggi luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Kemdikbud Republik Indonesia yang sesuai dengan kualifikasi akademik yang dibutuhkan dan dilegalisasi 2 lembar,
  3. Surat keterangan Akreditasi Program Studi dari BAN PT atau Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM),
  4. Untuk formasi Dosen, Fotokopi SK Jabatan Fungsional (jika ada)
  5. Untuk formasi Dosen, Fotokopi Sertifikat Pendidik Dosen (Jika ada)
  6. Pasfoto berwarna ukuran ( 3 x 4 ) sejumlah 2 Lembar,
  7. Fotokopi e-KTP,
  8. Fotokopi Toefl yang telah dilegalisasi sebanyak 2 lembar,
  9. Surat pernyataan tidak terikat sebagai Dosen / Tenaga kependidikan PNS atau Non PNS pada perguruan tinggi lain dan/atau sebagai pegawai tetap pada lembaga lain bermaterai, (bagi pelamar yang sudah memiliki jabatan fungsional akademik maka calon pelamar membuat surat bersedia mengundurkan diri dan melakukan pengurusan Lolos butuh dari PT Asal),
  10. Biodata dan Deskripsi diri sebanyak 2 Eksemplar dijilid soft cover warna putih,
  11. Surat keterangan Sehat Jasmani, Rohani dan bebas Narkoba dari rumah sakit Pemerintah (apabila sudah dinyatakan diterima sebagai calon Dosen dan tenaga kependidikan Universitas PGRI Semarang),
  12. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK),
  13. Berkas-berkas sebagaimana dimaksud di atas dimasukkan dalam stopmap warna hijau untuk Dosen dan Stopmap Biru untuk tenaga kependidikan. Dapat menuliskan Kode Formasi pada Stopmap bagian kanan atas.
  • Kelengkapan pendaftaran secara Online

Kelengkapan berkas yang diunggah:

  1. Scan Asli Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam tanpa materai ditandatangani pelamar, ditujukan kepada Rektor Universitas PGRI Semarang, (kode berkas: 01)
  2. Scan Asli Ijazah dan Transkrip Akademik Pendidikan tinggi (S1, S2 , dan S3) dari program studi terakreditasi dan terdata pada SIVIL Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik https://ijazah.kemdikbud.go.id/ (screenshoot terdata pada halaman website SIVIL) atau perguruan tinggi luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Kemdikbud Republik Indonesia yang sesuai dengan kualifikasi akademik yang dibutuhkan ddan dilegalisasi 2 lembar, (kode berkas: 02)
  3. Scan Asli Surat keterangan Akreditasi Program Studi dari BAN PT atau Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM), (kode berkas: 03)
  4. Untuk formasi Dosen, Scan Asli Jabatan Fungsional (jika ada) (kode berkas: 04)
  5. Untuk formasi Dosen, Scan Asli Sertifikat Pendidik Dosen (Jika ada) (kode berkas: 05)
  6. File Foto berwarna ukuran 300 x 400 pixel (Ukuran maksimal 500 KB), (kode berkas: 06)
  7. Scan e-KTP, (kode berkas: 07)
  8. Scan Asli Skor Hasil Toefl, (kode berkas: 08)
  9. Scan Asli Surat pernyataan tidak terikat sebagai Dosen / Tenaga kependidikan PNS / Non PNS pada perguruan tinggi lain dan/atau sebagai pegawai tetap pada lembaga lain bermaterai, (bagi pelamar yang sudah memiliki jabatan fungsional akademik maka pelamar membuat surat bersedia mengundurkan diri dan melakukan pengurusan Lolos butuh dari PT Asal), (kode berkas: 09)
  10. File Biodata dan Deskripsi diri, (kode berkas: 010)
  11. Scan Asli Surat keterangan Sehat Jasmani, Rohani dan bebas Narkoba dari rumah sakit Pemerintah (apabila sudah dinyatakan diterima sebagai calon Dosen dan tenaga kependidikan Universitas PGRI Semarang), (kode berkas: 11)
  12. Scan Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), (kode berkas: 12)
  13. Berkas-berkas sebagaimana dimaksud di atas diunggah pada laman www.upgris.ac.id dengan penamaan file: kode formasi<spasi>nama lengkap<spasi>urutan berkas.

Contoh nama file:

Formasi                        : Dosen (DS-01)

Nama Pelamar          : Rekru Dosten

File                                 : Scan KTP (07)


nama file diunggah  : DS-01 Rekru Dosten 07

Comments are closed.