Perjuangan Widya Raih Beasiswa ke Amerika

Perjuangan Widya Raih Beasiswa ke Amerika

Setelah berjuang selama setahun lamanya, Nur Widya Rini, mahasiswa program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang, akhirnya berhasil meraih beasiswa yang ia idam-idamkan. Belum lama ini tersiar kabar gembira bahwa Widya menjadi mahasiswa terpilih peraih beasiswa Global UGRAD.

Ini adalah program pertukaran pelajar yang disponsori oleh Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. Selama 1 semester lamanya, Widya akan mengikuti kuliah non-gelar di Amerika. Kepada tim dari Humas UPGRIS, Widya bercerita tentang prosesnya.

“Pada dasarnya, saya sudah mengincar beasiswa ini sudah lama. Saat saya masih menjadi mahasiswa baru di UPGRIS, saya sudah menargetkan untuk mendaftar beasiswa ini,” ungkapnya. Selama kuliah Widya mencoba mengikuti berbagai kegiatan demi menambah keaktifannya.  

“Saya berusaha aktif sebagai mahasiswa. Saya mengikuti beberapa kegiatan seperti HIMAFI 2018-2019 (Himpunan Mahasiswa Fisika, ed.), menjadi asisten laboratorium Fisika Dasar 2019-2020,” kisahnya. Dan untuk memperfasih kemampuan berbahasa Inggris, Widya mengikuti kegiatan belajar debat bersama teman-teman dari mahasiswa bahasa Inggris.

Pada semester tiga, Widya sudah hampir mendaftar untuk beasiswa. Namun, niatnya urung saat ia merasa kemampuan bahasa Inggrisnya masih lemah. “Saya tidak jadi mendaftar karena merasa bekal saya kurang cukup, saya masih merasa bahwa Bahasa Inggris saya tidak cukup bagus dan saya masih kurang pengalaman.”

Barulah saat Widya masuk semester 5, ia memantapkan hati untuk mendaftar beasiswa ini. Dukungan dari orang tua dan dosennya membuat semangat dan niatnya kian bulat.  Setelah mendapat persetujuan Bapak Joko Saefan, dosennya, ia kemudian menyiapkan semua dokumen yang diperlukan.

“Dalam prosesnya, saya menulis dan merevisi esai hampir setiap hari selama 2 bulan massa pendaftaran, hanya untuk memastikan bahwa essay yang saya tulis layak untuk dibaca para reviewer beasiswa Global UGRAD ini. Saya sangat bersyukur, karena saya sudah mampu melewati semua tahapan seleksi dan sampai akhirnya berstatus resmi menjadi Global UGRAD Fellow 2021.”

Selamat ya, Widya. Jerih payahmu terbayar lunas. Dan semoga kisahmu ini mampu memberi inspirasi bagi siapapun yang kini tengah berjuang meraih beasiswa.