Rekayasa Bioproses Protein Sel Tunggal Menuju Bioentrepreneur

Rekayasa Bioproses Protein Sel Tunggal Menuju Bioentrepreneur

Program studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang sukses gelar  Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship (SNSE) VII. Acara berlansung Sabtu 28/8/2021 secara daring melalui aplikasi zoom.

Tema SNSE VII “ Digitalisasi Biosains dan Pembelajaran Bervisi Bioentrepreunership di Era Pandemi Covid-19.”  Hadir tiga narasumber  Dr Bowo Sugiharto MPd (UNS), Dr rer nat Anto Budiharjo SSi M Biotech (UNDIP), Dr Endah Rita Sulistya Dewi SSi MSi (UPGRIS).

Seminar diikuti 130 peserta  dengan 75 pemakalah dan 45 artikel. Peserta hadir dari Medan, Jambi, Kalimantan Selatan, Madiun, Salatiga, Brebes, Padang,Jepara, dan Semarang.

Dekan FPMIPATI UPGRIS Dr Nur Khoiri SPd MT MPd dalam sambutanya menyampaikan bahwa Tri Dharma perguruan tinggi sudah terlaksana dengan baik. “Program studi pendidikan biologi UPGRIS raih akreditasi A. Terbukti pendidikan biologi selalu berbenah dengan kampus merdeka. Dengan raihan salah satu penerima hibah. Selain itu, aktif dalam kampus mengajar. Design kurikulum untuk menghasilkan sarjana pendidik, pengusaha, sains, juga entrepeneurship,” ucap Khoiri.

Digitalisasi adalah penggunaan teknologi digital dan data-data yang telah ter-digitisasi, untuk penyelesaian sebuah pekerjaan, mengubah cara interaksi perusahaan-pelanggan (secara digital). transformasi digital dilakukan mampu untuk menjawab tantangan era normal baru. Bagi para entrepreneur dapat menggunakan platform digital seperti marketplace dan sosial media untuk mempromosikan dan menjual produknya.

Endah Rita Sulistya Dewi  menyampaikan materi dengan judul rekayasa bioproses protein sel tunggal menuju bioentrepreneur. “Mikroorganisme atau mikroba mampu untuk memperbanyak diri dalam waktu yang sangat singkat dengan melangsungkan reaksi-reaksi biokimia yang rumit dalam selnya. Untuk memanfaatkan mikroba perlu menguasai pengetahuan tentang biokimia sel terutama metabolisme sel, sebagai sistem dasar yang digunakan mikroba untuk melaksanakan aktivitas pertumbuhan dan perkembangbiakannya. Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari perubahan-perubahan kimia yang terjadi di dalam sel dikaitkan dengan perkembangan, pertumbuhan dan siklus hidupnya,” tutur Rita.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *