Teknologi Pangan UPGRIS Juara 1 Food Quiz Bowl Regional 3 Jateng DIY

Teknologi Pangan UPGRIS Juara 1 Food Quiz Bowl Regional 3 Jateng DIY

Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) gelar food bowl Quiz 2021. Food Bowl Quiz merupakan kompetisi cepat tepat yang di selenggarakan oleh HMPPI (Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia) dan PATPI (Persatuan Ahli Teknologi Pangan Indonesia). Tim terbaik di Indonesia akan dikirim ke Asean Undergraduate Bowl Quiz Competition.

Beberapa materi yang diujikan diantaranya peraturan pangan internasional dan nasional. Kedua, sistem keamanan pangan: GMP, HACCP. Ketiga,ilmu pangan dasar (biologi, fisik, kimia, mikrobiologi, analisis pangan, evaluasi sensori, dan nutrisi). Keempat, ilmu pangan terapan (proses pengolahan dan pengawetan pangan, proses termal, pengemasan, sistem operasi dan industri pangan. Kemudian peserta wajib menggunakan bahasa pengantar selama kompetisi bahasa Inggris.

Sistem Seleksi Lomba dimulai dari tingkat regional. Tiga mahasiswa program studi teknologi pangan Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). Erwin Setiyawan, Alphin Hidayatulloh, serta Tania Widiastuti. Mereka berhasil meraih juara satu dengan nilai 250. Universitas Katolik Soegijapranata raih juara kedua dengan nilai 201. Juara ketiga diraih Universitas Gadjah Mada dengan nilai 182.

Fafa Nurdyansyah STP MSc ketua program studi teknologi pangan UPGRIS menyampaikaan seluruh peserta harus mengikuti tahap seleksi pertama berupa tes tertulis yang dilaksanakan secara berkelompok. “Banyaknya finalis yang akan masuk ke tahap semifinal sebanyak 12 tim yang terdiri dari 2 tim terbaik dari setiap regional dan 2 tim terpilih dari sistem wild card yang didiskusikan antar-SC HMPPI. Kami bersyukur tahu ini mahasiswa UPGRIS dari teknologi pangan berhasil raih juara pertama. Semoga memebrikan banyak motivasi bagi para mahasiswa untuk terus mengikuti kegiatan lomba hingga ke tingkat internasional,” tutur Fafa.

Kompetisi “food bowl Quiz” diselenggarakan oleh PATPI (Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia) tiap tahun. Syukur alhmdulillah UPGRIS bisa meraih juara 1 tingkat regional Jateng DIY. Berkompetisi dengan  pesaing dari semua prodi teknologi pangan di Jateng DIY. Sehingga dalam waktu dekat akan dilanjutkan tingkat nasional hingga international.

FQB 2021 merupakan kompetisi cepat tepat ilmu pangan yang diikuti oleh para delegasi dari setiap komisariat HMPPI yang tersebar di seluruh Indonesia secara bertahap dari tingkat regional hingga ke tingkat nasional dan dilaksanakan secara daring.