Teliti Sikap Agresif Siswa SMP, Venty Raih Gelar Doktor

Teliti Sikap Agresif Siswa SMP, Venty Raih Gelar Doktor

Usia remaja memang masa-masa paling labil. Faktor biologis dan perkembangan tubuh remaja menjadikan mereka secara psikologis masih gampang terpantik emosi. Pada masa-masa SMP, misalnya, remaja masih gampang emosi dan berbuat tanpa pengendalian diri. Di sekolah, remaja bisa menjadi sangat agresif dan pemarah.

 ”Rentang usia siswa SMP adalah peralihan yang menimbulkan perubahan, gejolak emosi, kecenderungan perilaku agresif fisik, verbal, kemarahan dan permusuhan. Karewna itulah ddiperlukan sikap dan strategi khusus dalam membimbing mereka,” ungkap Venty, dosen pendidikan BK Universitas PGRI Semarang dalam ujian terbuka disertasi, Program Studi Doktor Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jumat 26 November 2021.

Menurut Venty, Strategi mindfulness sebagai proses pemberian bantuan untuk mencapai keadaan sadar penuh, pengaturan diri, pemahaman diri, dan meningkatkan getaran cinta kasih, sehingga muncul pengendalian diri untuk tidak melakukan perilaku agresif (maladaptif).

“Hasil penelitian diperoleh temuan strategi mindfulness efektif untuk mengurangi perilaku agresif siswa SMP. Ini bisa dibuktikan secara signifikan intervensi hasil perhitungan statistik Wilcoxon Signed Ranks Test. Pengukuran skala perilaku agresif siswa menunjukkanselisih (negatif) antara pretes dan postes pengukuran skala perilaku agresif siswa,” terang Venty.

Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK/konselor dapat memanfaatkan strategi mindfulness sebagai upaya pencegahan dan pengentasanpada siswa yang cenderung menunjukkan perilaku agresif. Venty menandaskan, penelitian ini telah mengkonstruksi strategi mindfulness dengan teknik breathing, visual, relaksasi untuk mengurangi perilaku agresif siswa SMP.

Selain itu, Venty juga merekomendasikan agar Dinas Pendidikan dapat mengakomodasi dan memfasilitasi para guru BK/konselor dalam kegiatan pelatihan terkait strategi mindfulness. Pada kesempatan tersebut, Venty mengajukan disertasi berjudul Keefektifan Strategi Mindfulness untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Sekolah Menengah Pertama. Dalam proses penggarapannya, Venty dibimbing oleh Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., Prof. Dr. IM. Hambali, M.Pd., Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd.