UPGRIS Bantu Program Pemerintah

UPGRIS Bantu Program Pemerintah

Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) bertekad mendorong kenaikan angka partisipasi kasar (APK), terkait minat masyarakat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Rektor UPGRIS Dr Muhdi SH MHum mengatakan, APK perguruan tinggi di Indonesia masih berkisar 26,86 persen dari total jumlah penduduk di negeri ini. Karena itu, persentase yang masih minim ini ingin ditingkatkan.

Rektor menyatakan prihatin banyak generasi muda yang tidak bisa mengenyam bangku kuliah. APK yang berada jauh di bawah 50 persen menunjukan betapa kesempatan kuliah di Indonesia belum merata. Karena itu, kiprah perguruan tinggi seperti UPGRIS sangat diperlukan. Pihaknya membuka pintu selebar-lebarnya untuk memfasilitasi lulusan-lulusan terbaik negeri ini agar mendapat pendidikan secara layak.

Tantangan untuk membantu pemerintah mendorong kenaikan APK diikuti upaya penguatan kelembagaan. Penguatan ini juga bagian dari perkuliahan berkualitas di dalam kampus. Sebab, bila kampus tidak pernah menciptakan akselerasi, dikhawatirkan mutu pendidikan yang diajarkan menjadi rendah. UPGRIS tak ingin keolongan., sehingga senantiasa melaksanakan evaluasi dari waktu ke waktu. Harapannya, dengan menghadirkan mutu yang tinggi, maka proses kuliah, penelitian, dan pengabdian masyarakat akan berjalan maksimal.

Kampus UPGRIS telah menyiapkan empat kampus terpadu untuk mendukung suasana perkuliahan yang memadai. Dimulai dari kawasan Kampus I Sidodadi Timur, Kampus II Sriwijaya, Kampus III Bendanduwur, dan Kampus IV Gajah yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana olahraga modern.

Selain fasilitas digital, UPGRIS juga membangun sarana laboratorium alam dan stadion. Ini bagian dari memberikan penguatan kelembagaan dalam upaya mencetak lulusan yang kompeten. Wakil Rektor I Dra Sri Suciati MPd menambahkan, lulus dari kampus ini alumni dibekali Sertifikat Keahlian Pendukung Ijasah (SKPI). Serifikat ini diterbitkan untuk memberikan jaminan lulusan tak hanya piawai di bidang akademik, tetapi juga soft skill. Kampus ini juga tengah menyiapkan wisuda akbar untuk pelaksanaan Jumat-Sabtu. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *